Sabtu, 29 Maret 2014

Makalah Organisasi dan Administrasi Sosial

BAB I
PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG
Administrasi adalah pengkoordinasian dan pengarahan sumber-sumber tenaga manusia dan material untuk mencapai tujuan yang di inginkan. Sedangkan menurut wiliam H. newman dalam bukunya administration action mengatakan bahwa administrasi adalah pengarahan, kepemimpinan dan pengendalian dari usaha kelompok orang dalam rangka pencapaian tujuan yang umum atau pokok.
Dalam proses pelaksanaannya, administrasi dan manajemen mempunyai tugas-tugas tertentu yang harus dilaksanakan sendiri. Tugas-tugas itulah yang biasa disebut/diartikan sebagai fungsi-fungsi administrasi dan manajemen.Hingga kini para sarjana belum mempunyai kata sepakat yang bulat tentang fungsi-fungsi administrasi dan manajemen itu, baik ditinjau dari segi klasifikasinya maupun terminologi yang dipergunakan.
Dewasa ini lembaga pendidikan Islam berkembang sebagai lembaga yang semakin kompleks sehingga ia membutuhkan organisasi yang tertata dengan baik dan benar. Kompleksitas lembaga pendidikan Islam terutama terlihat dari kebutuhan akan pengelolaan pelaksanaan pendidikan dengan pendekatan manajeman. Itulah kebutuhan untuk mengunakan pendekatan ilmu manajemen di lembaga pendidikan khususnya lembaga pendidikan Islam menjadi mutlak.Sehingga perkembangan administrasi pendidikan menjadi bagian yang menarik bagi kalangan praktisi dan ahli pendidikan sampai sekarang ini.

RUMUSAN MASALAH
1.      Apa Pengertian Organiasi, Menejemen dan Administrasi?
2.      Bagaimanahaakah pebedaan Organiasi, Menejemen dan Administrasi?
3.      Bagaimana hubungan Organiasi, Menejemen dan Administrasi?







BAB II
PEMBAHASAN

Pengertian Organisasi
Secara sederhana, organisasi bisa diartikan sebagai suatu alat atau wadah kerjasama untuk mencapai tujuan bersamayang diinginkan dan mau terlibat dengan peraturan yang ada, Sehingga bisa dimungkinkan terjadinya suatu konflik dalam sebuah organisasi yang dikarenakan oleh adanya ketidakselarasan tujuan, perbedaan interpretasi fakta, ketidaksepahaman yang disebabkan oleh ekspektasi perilaku dan sebagainya.Adapun Ciri-ciri organisasi ini: terdiri daripada dua orang atau lebih, adanya kerjasama, adanya komunikasi antar satu anggota dengan yang lain, adanya tujuan yang ingin dicapai.
Definisi Organisasi menurut ahli
  • James D. Mooney, Organisasi adalah sebagai bentuk setiap perserikatan orang-orang untuk mencapai suatu tujuan bersama  (Organization is the form of every human association for the attainment of common purpose).
  • John D. Millet,  Organisasi adalah sebagai kerangka struktur dimana pekerjaan dari beberapa orang diselenggarakan untuk mewujudkan suatu tujuan bersama (Organization is the structural framework within which the work of many individuals is carried on for the realization of common purpose).
  • Organisasi ada bila orang-orang berhubungan satu dengan yang lain, mau bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama (Chester I. Barnard).
  • Organisasi sebaai suatu kesatuan, yaitu sekelompok orang yang terlibat bersama-sama di dalam hubungan yang resmi untuk mencapai tujuan-tujuan (Henry L. Sisk).
Organisasi dapat diartikan dalam dua macam, yaitu:
  1. Dalam arti statis, yaitu organisasi sebagai wadah tempat dimana kegiatan kerjasama dijalankan.
  2. Dalam arti dinamis, yaitu organisasi sebagai suatu sistem proses interaksi antara orang-orang yang bekerjasama, baik formal maupun informal.
Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok sama satu sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, Orang-orang yang ada di dalam suatu organisasi mempunyai suatu keterkaitan yang terus menerus.Rasa keterkaitan ini, bukan berarti keanggotaan seumur hidup.Akan tetapi sebaliknya, organisasi menghadapi perubahan yang konstan di dalam keanggotaan mereka, meskipun pada saat mereka menjadi anggota, orang-orang dalam organisasi berpartisipasi secara relatif teratur.

 

Pengertian Manajemen
Manajemen adalah sistem yang berfungsi untuk mengelola sesuatu.Memahami  berbagai definisi manajemen tersebut dapat ditaril( kesimpulan bahwa pada pokoknya manajemen adalah suatu proses/kegiatan/usaha pencapaian tujuan tertentu melalui kerjasama dengan orang lain. Dan dapat pula dikatakan bahwa manajemen merupakan inti daripada administrasi, karena memang manajemen merupakan alat pelaksana utama daripada administrasi. Dengan perkataan lain dikatakan bahwa administrasi dan manajemen tidak dapat dipisahkan hanya kegiatan-kegiatannya yang dapat dibedakan.
Manajemen pada hakekatnya berfungsi untuk melakukan semua kegiatan-kegiatan yang perlu dilaksanakan dalam rangka pencapaian tujuan dalam batas-batas kebijaksanaan umum yang telah ditentukan pada tingkat administrasi.Ungkapan tersebut jelas menunjukan bahwa administrasi lebih luas dari pada manajemen.
Definisi Menejemen menurut ahli:
1.Menurut (William H. Newman): Manajemen lebih banyak berhubungan dengan pengambilan kebijaksanaan, koordinasi dan kepemimpinan.  Koordinasi adalah menyelaraskan (mensinkronisasikan) dan menyatukan tindakan-tindakan kelompok orang dalam organisasi
2. Menurut James A.F. Stonner manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang ditetapkan.
3. Menurut Drs. Oey Liang Lee manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Pengertian Administrasi
Berasal dari bahasa Latin:Ad  = intensif dan ministrare = melayani,membantu, memenuhi. Administrasi merujuk pada kegiatan atau usaha untuk membantu,melayani, mengarahkan, atau mengatur semua kegiatan di dalam mencapai suatu tujuan.Definisi administrasi dalam arti sempit,Administrasi pengertian sehari-hari sering disamakan dengan tata usaha, yailu berupa kegiatan mencatat, mengumpulkan dan menyimpan suatu kegiatan atau hasil kegiatan untuk membantu pimpinan dalam mengambil keputusan.Administrasi dalam arti luas , berasal dari bahasa Inggris“Administration ” ,yaitu proses kerjasama antara dua orang atau lebih berdasarkan rasionalitastertentu untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan (S.P. Siagian,1973)
Berdasarkan hal tersebut diatas, administrasi ialah proses penyelenggaraankerjayangdilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Administrasi, baik dalam pengertian luas maupun sempit di dalam penyelenggaraannya diwujudkan melaluifungsi-fungsimanajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan,dan pengawasan
.

Perbedaan organisasi, manajemen dan administrasi

Dari penjelasan-penjelasan di atas mengenai pengertian organisasi, meneejemn dan administrasi dapat pemakalah tarik kesimpulan bahwa perbedaan dari ketiga pengerti tersebut yaitu, organisasi sebagai alat atau wadah sekelompok orang dalam mencapai tujuan tertentu, sedangkan manajemen lebih mengarah kepada pengaturan atau pengelolaan untuk mencapai tujuan tersebut sedangkan administrasi lebih menekankan pada pembukuan yang bersifat tulisan dan data dan menentukan  garis  besar  daripada  suatu  kebijakan  dan  pemberian  pengarahan, adapun persamaannya ialah sama-sama memiliki sasaran dan tujuan tertentu yang ingin dicapai.

Hubungan Organisasi, Administrasi dan Manajemen

Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa sesungguhnya administrasi dan manajemen adalah sama, hanya saja istilah administrasi digunakan pada badan / organisasi pemerintah, sedangkan istilah manajemen dipergunakan untuk organisasi swasta. Administrator sama artinya dengan manajer, tetapi organisasi untuk pemerintah. Hal ini dapat dilihat pada penggunaan istilah manajer untuk perusahaan swasta yaitu diantaranya manajer pemasaran, manajer pembelian dan lain-lain.Serta kepala bagian administrasi keuangan, kepala bagian administrasi kepegawaian dan lain-lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa hubungan antara administrasi organisasi dan manajemen adalah sebagai berikut :
1. Kepemimpinan merupakan arti dari manajemen
2. Melalui manajemen semua kegiatan di koordinir dan diarahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi.
3. Administrasi merupakan suatu kegiatan pelayanan, termasuk di dalam kegiatan administrasi adalah kegiatan pengelolaan atau manajemen administrasi dapat dilaksanakan di dalam atau diluar organisasi (formal).
Sebelum  membahas  lebih  lanjut  manajemen,  terlebih  dulu  dipandang  perlu dijelaskan hubunganantara administrasi, manajemen, dan organisasi.  Banyak ahli Yang berpendapat bahwa antara administrasi dengan manajemen itu sama, tetapi banyak juga yang membedakannya. Ada yang mengatakan administrasi lebih luas daripada manajemen, dan ada pula yang mengatakan sebaliknya. 
  1. Dalam melaksanakan administrasi, seorang administratur dibantu oleh orang-orang yang bekerjasama dalam menjalankan tugas-tugas dan tugas-tugas tersebut harus diselaraskan dan dipadukan agar mengarah pada tujuan yang ingin dicapai.
  2. Kerjasama orang-orang dalam mencapai tujuan, perlu disusun dan diatur, dan untuk itu administrasi memerlukan organisasi.
  3. Karena dalam admnistrasi yang dihadapi adalah orang-orang yang berkerjasama dengan akal dan perasaannya dengan menggunakan alat-alat dan materi lainnya, maka orang-orang perlu digerakkan menuju sasaran yang akan dicapai, untuk itu diperlukan manajemen.
  4. Horizontal Scroll: ADMINISTRASI  =  ORGANISASI  +  MANAJEMEN Dari uraian di atas, maka administrasi modern dapat diartikan secara luas yaitu meliputi organisasi dan manajemen.

 
                     


1.  Administrasi terdiri atas organisasi dan manajemen.

2.  Inti  daripada  administrasi  adalah  manajemen,  karena  manajemen  meru-
pakan  alat  administrasi.    Dari  segi  fungsinya  administrasi  mempunyai  dua
tugas utama, yaitu : 

a.  Menentukan tujuan menyeluruh yang hendak dicapai (organization goal);

b.  Menentukan kebijakan umum yang mengikat seluruh organisasi (general 
and overall policies). 

     





















BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
            Dari penjelasan-penjelasan di atas pemakalah dapat menyimpulkan bahwa pengertian dari organisasi ialah suatu alat atau suatu wadah ( tempat )kerjasama untuk mencapai tujuan bersama, menejemen sendiri ialah suatu proses/kegiatan/usaha pencapaian tujuan tertentu melalui kerjasama, sedangkan administrasi ialahproses penyelenggaraankerjayangdilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan.
Dan juga perbedan dari ketiga item tersebut adalah organisasi sebagai alat atau wadah sedangkan manajemen lebih mengarah kepada pengaturan atau pengelolaan, administrasi lebih menentukan  garis  besar  daripada  suatu  kebijakan  dan  pemberian  pengarahan, hubungannya adalah memiliki sasaran dan tujuan tertentu yang ingin dicapai.

ADMINISTRASI  =  ORGANISASI  +  MANAJEMEN 

















Daftar Pustaka
Burhanudin, Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan PendidikanBumi aksara
Jakarta, 1995
Handoko, T Hani. Manajemen, BPFE, Yogyakarta, 1998
Kartono, Kartini. Pemimpin dan Kepemimpinan, Raja Grafindo Persada, Jakarta,2001
Siagian, Sondang P. Filsafat Administrasi, Gunung Agung, Jakarta. 1997.
Simbolon, Maringan, Masry. Dasar-Dasar Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Ghalia
Indonesia,2003.




















MAKALAH ORGANISASI DAN ADMINISTRASI SOSIAL


Lambang IAIN.jpg


Di Susun oleh:
A.Hatimi 11521001


Dosen Pembimbing
Ainur Rofik  M. Si



BIMBINGAN PENYULUHAN ISLAM KESEJAHTERAAN SOSIAL
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
IAIN RADEN FATAH PALEMBANG
2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar